Langsung ke konten utama

Bulutangkis Olimpiade 2016

Turnamen bulu tangkis pada Olimpiade Musim Panas 2016 di Rio de Janeiro dilaksanakan pada tanggal 11-20 Agustus di paviliun 4 Riocentro. Sebanyak 172 atlet bulutangkis berkompetisi dalam 5 nomor: tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Mirip dengan format 2012, kombinasi fase grup dan fase gugur tetap dipertahankan pada setiap nomor. Dalam nomor ganda, BWF menginstitusikan beberapa perubahan pada aturan pertandingan setelah terjadinya skandal pengaturan pertandingan dari Olimpiade sebelumnya, sehingga pasangan runner-up grup akan ditempatkan di pengundian lain untuk menentukan dengan siapa mereka bertemu di ronde selanjutnya, selama pasangan juara grup harus memiliki posisi tetap pada unggulan di fase gugur. Sekitar 8.400 shuttlecock dibuat untuk dimainkan pada turnamen.

                       © Disediakan oleh Kompas.com 
 Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir mempersembahkan medali emas  Olimpiade 2016.

Pertandingan Babak Final

Tunggal Putra
Pebulutangkis tunggal putra China  Chen Long tampil sebagai juara olimpiade tunggal putra. Chen Long menjadi juara  olimpiade, setelah berhasil mengatasi perlawanan  Lee Chong Wei tunggal putra Malaysia. Kedua pemain menyajikan permainan cepat, adu smes keras, adu drive, adu net tipis, diselingi pukulan tipuan yang mengecoh, dengan poin : set 1 = 21-18 dan set 2 = 21-18.

Tunggal Putri
Pebulutangkis tunggal putri Spanyol   Carolina Marin tampil sebagai juara olimpiade tunggal putri. Carolina Marin menjadi juara olimpiade, setelah berhasil mengatasi perlawanan  P.V. Sindhu tunggal putri India. Kedua pemain menyajikan permainan cepat, adu smes keras, adu drive, adu net tipis, diselingi pukulan tipuan yang mengecoh, dengan poin : set 1 = 9-21, set 2 = 21-12 dan set 3 = 21-15.

Ganda Putra
Pebulutangkis ganda putra China  Fu Haifeng / Zhang Nan tampil sebagai juara olimpiade ganda putra. Duet Fu / Zhang menjadi juara olimpiade, setelah berhasil mengatasi perlawanan  Goh V Shem / Tan Wee Kiong ganda putra Malaysia. Kedua pasangan menyajikan permainan cepat, adu smes keras, adu drive, adu net tipis, diselingi pukulan tipuan yang mengecoh, dengan poin : set 1 = 16-21, set 2 = 21-11 dan set 3 = 23-21.

Ganda Putri
Pebulutangkis ganda putri Jepang  Misaki Matsutomo / Ayaka Takahashi tampil sebagai juara olimpiade ganda putri. Duet Misaki   /   Ayaka menjadi juara olimpiade, setelah berhasil mengatasi perlawanan melawan  Christinna Pedersen /Kamilla Rytter Juhl ganda putri Denmark. Kedua pasangan menyajikan permainan cepat, adu smes keras, adu drive, adu net tipis, diselingi pukulan tipuan yang mengecoh, dengan poin : set 1 = 18-21, ser 2 = 21-9 dan set 3 = 21-9.

Ganda Campuran
Pebulutangkis ganda campuran Indonesia  Tontowi Ahmad / Liliyana Natsir tampil sebagai juara olimpiade ganda putri. Duet Tontowi / Liliyana menjadi juara olimpiade, setelah berhasil mengatasi perlawanan melawan  Chan Peng Soon / Goh Liu Ying ganda campuran Malaysia. Kedua pasangan menyajikan permainan cepat, adu smes keras, adu drive, adu net tipis, diselingi pukulan tipuan yang mengecoh, dengan poin : set 1 = 21-14 dan set 3 = 21-12.

sumber tulisan : 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bulutangkis Olimpiade 1992

Pertama Kali Bulutangkis Dipertandingkan di Olimpiade. Bulu tangkis adalah salah satu cabang olahraga yang diperlombakan di Olimpiade 1992 di Barcelona . Pertandingan-pertandingannya berlangsung di Pavelló de la Mar Bella dari tanggal 28 Juli sampai 4 Agustus . Ini merupakan pertama kalinya bulu tangkis dipertandingkan sebagai cabang resmi dalam Olimpiade. Sebanyak 36 negara ikut serta dengan total 177 atlet. Indonesia meraih medali emas Olimpiade pertamanya di ajang ini. Atlet-atlet Asia menjuarai 15 dari 16 medali yang dibagikan, sedangkan Denmark adalah satu-satunya negara Eropa yang memperoleh medali (perunggu di Tunggal Putra). Turnamen ini menggunakan sistem eliminasi . Pertandingan berlangsung tiga set, masing-masing 15 angka kecuali tunggal putri 11 angka. Tidak ada pertandingan perebutan tempat ketiga, sehingga setiap divisi membagikan 2 medali perunggu; demikian pula dengan atlet yang kalah di babak perempatfinal diberi peringkat lima. Diikuti oleh 177 atlet bulutangk

Bulutangkis Olimpiade 2004

Bulu tangkis adalah salah satu cabang olahraga yang diperlombakan di Olimpiade tshun 2004 di -kota Athena , Yunani. Pertandingan-pertandingannya berlangsung di Kompleks Olimpiade Goudi . Turnamen Bulutangkis ini menggunakan sistem eliminasi . Pertandingan berlangsung tiga set, masing-masing 15 angka kecuali tunggal putri 11 angka. Pada ajang Olimpiade Athena, Indonesia meraih satu-satunya medali emas pada kategori Tunggal Putra, Taufik Hidayat . Sebanyak 168 atlet bulutangkis dari 31 negara yang mengikuti kejuaraan bulutangkis Olimpiade tahun 2004. Pertandingan babak akhir atau final dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2004, disiarkan langsung TVRI.                      © Disediakan oleh Kompas.com  Taufik Hidayat mempersembahkan medali emas Olimpiade Athena 2004 Pertandingan Babak Final Tunggal Putra Pebulutangkis tunggal putra  Indonesia     Taufik Hidayat  tampil sebagai juara olimpiade tunggal putra. Taufik Hidayat menjadi juara  olimpiade, setelah berhasil mengatasi perl

Bulutangkis Olimpiade 2020

Tak bisa dipungkiri, cabang olahraga bulutangkis merupakan tulang punggung Indonesia di ajang Olimpiade. Dari tujuh medali emas yang diraih sepanjang keikutsertaan di ajang empat tahunan ini, semuanya berasal dari olahraga tepok bulu ini.  Bulu tangkis pada Olimpiade Musim Panas 2020 adalah pelaksanaan cabang olahraga bulu tangkis pada penyelenggaraan Olimpiade Musim Panas 2020 . Kompetisi pada cabang olahraga ini berlangsung di Musashino Forest Sports Plaza , Tokyo . Edisi ini menandingkan 5 nomor. 172 atlet bertanding dalam edisi ini. Pertandingan dalam cabang ini dilaksanakan pada 24 Juli hingga 2 Agustus 2021.                     © Disediakan oleh Kompas.com  Atlet Indonesia Apriyani Rahayu dan Greysia Polii mempersembahkan medali emas Olimpiade 2020 Pertandingan Babak Final Tunggal Putra Pebulutangkis tunggal putra  Denmark       Viktor Axelsen  tampil sebagai juara olimpiade tunggal putra. Viktor Axelsen menjadi juara  olimpiade, setelah berhasil mengatasi perlawanan    Chen Lon